nusakini.com-​Denpasar-Pameran foto bertemakan "Unmasking Digital Diplomacy in The New Normal" secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar di Beachwalk Bali akhir pekan lalu.

Pameran foto ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyongsong International Conference on Digital Diplomacy yang akan berlangsung 16 November di Bali. Turut hadir pada pe​​​mbukaan tersebut Pejabat Dinas Kominfo Provinsi Bali, Pejabat Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kaprodi Teknologi Informasi, ITB Stikom Bali, Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia dan Forum Bakohumas Pemerintah.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Luar Negeri RI sampaikan bahwa upaya diplomasi terus berjalan meskipun pandemi masih melanda. "Kondisi pandemi yang melanda dunia 2 tahun terakhir ini memaksa hubungan antar negara dan diplomasi dilakukan dengan platform digital namun hal itu tidak mengurangi makna dan efektivitas diplomasi. Kedepannya digital diplomacy menjadi keniscayaan dan fakta baru hubungan internasional dan diplomasi" jelasnya. Disebutkan pula bahwa kegiatan dilakukan di Bali sebagai upaya mendukung pemulihan kondisi ekonomi dan pariwisata di Bali.

Setelah membuka pameran secara resmi, Wakil Menteri Luar Negeri bersama dengan para undangan meninjau lokasi pameran.

Selain menampilkan dokumentasi foto-foto capaian diplomasi Indonesia, pameran juga menampilkan video dan foto-foto infrastruktur pendukung diplomasi Indonesia. Pameran juga akan dimeriahkan dengan quiz interaktif berhadiah bagi para pengunjung. Tersedia pula foto booth bagi pengunjung yang ingin selfie maupun bergaya bak di ruang sidang UN.(rls)